Contact Person :

BAPAK SUKARJIYANA | Pin BB 2AFEDF1F | HP. 087 838 932 877 | 085743676567 | 082134621566 |

Sabtu, 24 Januari 2015

Tata Cara Dan Panduan Dalam Penetasan Telur Ayam Jawa Super





CV. ADIKARYA 

Tata Cara Dan Panduan Dalam Penetasan Ayam Jawa super 
Dibawah ini akan saya sampaikan beberapa persiapan wajib dalam menjalani penetasan telur ayam jawa super.
Dalam melakukan penetasan ayam jawa super meliputi beberapa hal diantaranya adalah :

Tata Cara Dan Panduan Dalam Penetasan Telur Ayam Jawa
Tata Cara Dan Panduan Dalam Penetasan Telur Ayam Jawa

  • Persiapan Tempat, Persiapan tempat adalah hal yang paling segalanya, karena kalau nggak ada tempat lha mau ternak dimana? hehe. Untuk masalah tempat penetasan usahakan cukup luas dengan tidak terkena panas matahari secara langsung dan terkena angin yang dapat menyebabkan perubahan pada suhu secara exstrim. Sehingga penempatan mesin penetas relatif memadai dan aman.
  • Selain tempat yang begitu luas, usahakan lingkungan yang di gunakan untuk penetasan telur ayam jawa duper memiliki sanitasi yang bagus dan tidak mengandung bibit-bibit penyakit. Sanitasi atau lingkungan yang buruk akan mempengaruhi presentasi penetasan menjadi lebih besar gagalnya.
  • Persiapan Mesin Penetas, Yang kedua adalah mempersiapkan mesin penetas. Usahakan anda memilih mesin penetas telur yang baik dan sesuai dengan kebutuhan penetasan anda. Mesin penetasan yang baik memiliki presentase penetasan yang cukup tinggi. Walaupun penetasan yang tinggi tidak hanya dipengaruhi oleh mesin penetas saja melainkan juga karena faktor bibit yang bagus, vertilitas telur yang tinggi dan pemeliharaan dan lain-lain.

  • Dalam menjalani penetasan telur kita juga harus memperhatikan kebutuhan mesin penetas kita. Kita harus menyesuaikan, misalnya jika kebutuhan penetasan telur kita hanya sekitar 50 butir per periode, maka tidak begitu efektif karena doc ayam jawa super yang kami sediakan untuk populasi yang besar. Dalam satu minggu kami mampu menyediakan doc ayam jawa super sebesar 10.000 ekor. Cek secara berkala mesin penetas anda agar bisa bekerja sesuai yang di inginkan. Untuk masalah suhu, suhu ideal dalam ruang mesin penetas adalah pada kisaran 37-38 derajat Celcius. Perlu anda ketahui telur ayam dapat menetas pada suhu sekitar 36 sampai dengan 40 derajat celcius.
  • Persiapan telur dan Indukan, Indukan doc ayam jawa super adalah betina ayam petelur dan pejantan ayam bangkok. Ayam petelur sebagai betina di upayakan karena ayam akan menelur terus menerus tanpa jeda mengerami telur, Sehingga mampu menelur yang siap tetas dalam jumlah yang besar dan memenuhi kebutuhan akan anakan atau doc ayam jawa super. Pejantan menggunakan Jago bangkok karena struktur tulangan ayam bangkok yang besar yang akan menghasilkan ayam jawa super yang daging yang banyak dan tulangan yang besar.   Umur indukan harus memiliki cukup umur, tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua juga. Dan usahakan telur ayam jawa super tidak disimpan terlalu lama, karena semakin lama telur disimpan maka akan semakin menurun pula daya tetas telur tersebut. Usahakan telur jangan disimpan lebih dari satu minggu sebelum ditetaskan nantinya.
  • Dalam tahap selanjutnya adalah proses penetasa telur ayam jawa super pada proses penetasan telur caranya tidak jauh berbeda dengan penetasan telur unggas lainnya. Dibawah ini akan saya sampaikan beberapa tahapannya :
  • Pemasukan Telur, Sebelum menjalani penetasan dalam mesin penetas pastikan terlebih dahulu untuk menyemprot mesin tetas dengan disinfectant terlebih dahulu. Pastikan mesin penetas benar-benar siap untuk di gunakan. Parameter yang di gunakan untuk patokan kesiapan mesin tetas adalah suhu dalam ruangan mesin tetas sudah sesuai standart. Pastikan kelembapan udara cukup ideal. Tidak ada lubang yang akan mempengaruhi performa mesin penetas anda.

  • Sebelum telur dimasukan dalam mesin penetas, bersihkan terlebih dahulu telur-telur ayam dari berbagai kotoran yang menempelinnya dan juga bakteri. Sebab telur yang bersih akan menghindarkan embrio telur mati karena bakteri dan mudah untuk diamati dalam perkembangannya.
  • Dalam melakukan pengamatan embrio pada telur dapat menggunakan teropong lampu pijar. Pada usia sekitar 4 hari embrio telur ayam jawa yang berkembang akan terlihat seperti akar-akar pohon yang berwarna merah. Sedangkan embrio telur ayam yang tidak berkembang atau telur ayam yang tidak mengandung bibit akan terlihat bening dalamnya.
  • Selama kurang lebihnya 3 hari pertama telur didiamkan dalam mesin penetas dan jangan dibuka dan jangan melakukan pembalikan telur. Cukup amati suhu didalam ruangan mesin penetas dan jika suhu sudah stabil di nilai ideal maka biarkan saja. Jika suhu keluar dari suhu ideal maka harus di atur sesuai suhu standard lagi.
  • Pengeraman Telur, Dan setelah 3 hari lamanya bisa kita lihat telur-telur yang meiliki benih atau tidak dengan melakukan pengamatan dengan teropong tadi. Telur yang tidak memiliki benih ayam harus di sortir karena sudah pasti telur tersebut tidak akan menetas. Telur yang tidak bisa menetas tadi masih bisa untuk di konsumsi sendiri maupun di jual.
  • Setelah memasuki hari ke-4 sampai hari ke-18 telur ayam jawa  bolak balik telur secara otomatis. Cuku memperhatiakan operasional mesin penetas dalam pembolak balikan telur berjalan lancar, karena frekuensi dalam pemutaran telur akan berpengaruh pada daya retas telur tersebut.
  • Pada hari keempat, telur ayam jawa perlu di angin-anginkan dengan cara membuka tutup dari mesin penetas selama kurang lebih 10 menitan. Sebaiknya anda melakukan proses mengangin-anginkan telur ini pada pagi hari. Karena pagi hari udara dan cuaca sangat baik sekali bagi perkembangan telur tersebut. Dalam proses mengangin-anginkan telur ini adalah dari hari keempat dampai kari ke delapan belas.
  • Dalam proses pengeraman ini yang paling harus diperhatikan adalah suhu dan kelembapan udara dalam mesin penetas. Anda bisa menyemprotkan air hangat ke telur-telur jika dirasa kelembapan udara dalam ruangan mesin tetas kurang.
  • Masa Menetas, Telur sudah tidak perlu lagi di bolak balik pada hari ke 18. Diamkan saja telur dalam mesin penetas. Dan juga tutup mesin penetas dan anda cukup mengontrol parameter suhu ruangan dan kelembapannya. Setelah hari ke 21 telur ayam jawa super sudah mulai menetas. Dan mungkin sebelum hari ke 21 pun telur sudah mulai yang ada menetas. Setelah telur ada yang menetas segera pindahkan anakan ayam jawa super tersebut ke tempat yang disediakan.
  • Ketika memindahkan anakan ayam jawa super ke tempat lain usahakan tunggu bulu-bulunya agar kering terlebih dahulu dan pilih yang kualitasnya baik. Pindahkan ke tempat yang suhu dan kelembapannya hampir sama dengan ruangan mesin penetas. Seiring dengan pertumbuhan usia anak ayam, suhu dalam ruangan pun mulai perlahan-lahan anda turunkan sedikit demi sedikit (tahap demi tahap).
  • Anak ayam jawa super yang baru menetas masih menggunakan energi dari makanan cadangan dari telurnya dulu. Sedikit demi sedikit cobalah anda latih anak ayam tersebut makan dengan menaburkan makanan di bulu-bulunya. Setelah anakan ayam sudah cukup kuat maka anakan ayam sudah siap untuk di jual maupun untuk dipelihara sendiri sampai besar.

Sekian postingan kali ini tentang Tata Cara Dan Panduan Dalam Penetasan Telur Ayam Jawa Super. Semoga artikel yang saya buat ini dapat bermanfaat bagi kita semua kusunya yang sedang menekuni bisnis beternak/ penetasan ayam jawa super.
Share it Please

Unknown

CV. ADI KARYA menyediakan bibit/doc ( DAY OLD CHICKEN ).DOC AYAM KAMPUNG SUPER/DOC AYAM JAWA SUPER kualitas terjamin, kapasitas besar dan kontinyu.

2 komentar:

Copyright @ 2014 DOC AYAM KAMPUNG SUPER | JAWA SUPER. Template by Templateism Developed By Anggih Anggara