Contact Person :

BAPAK SUKARJIYANA | Pin BB 2AFEDF1F | HP. 087 838 932 877 | 085743676567 | 082134621566 |

Kamis, 03 September 2015

Daftar Obat Herbal Untuk Mengatasi Penyakit Ayam





Daftar Obat Herbal Untuk Mengatasi Penyakit Ayam. Dalam menjalankan usaha peternakan ayam tentunya kita akan mengalami kendala-kendala yang akan mempengaruhi keberlangsungan ternak kita. Sebagai contoh kendala yang sering dihadapi oleh peternak ayam adalah ternaknya terserang penyakit. Dan hal paling buruk yang ditakuti para peternak adalah pada akhirnya ayam jatuh sakit dan mati. Tetapi sudah banyak sekali solusi yang mengatasi permasalahan ini, salah satunya adalah dengan membelikannya obat. Namun terkadang pemberian obat kimia malah akan menurunkan kualitas daging ayam.
Daftar Obat Herbal Untuk Mengatasi Penyakit Ayam
Obat Herbal
Mengingat lebih banyak yang ditimbulkan oleh obat kimia, maka banyak peternak yang sudah beralih menggunakan obat herbal/alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang menghinggapi hewan ternak mereka khususnya ternak ayam. Meskipun jaman sudah memasuki masa modern tetapi khasiat obat herbal tidak boleh diragukan lagi, dan sepertinya malah lebih bagus daripada obat kimia yang berterbaran di pasar-pasar/apotek terdekat. Nyatanya bukan hanya hewan, manusia pun sekarang lebih memilih mengkonsumsi obat herbal daripada obat-obatan kimia karena alasan kesehatan yang lebih terjamin.

Selain pembuktian secara langsung, sekarang ini sudah banyak para peneliti yang banyak meneliti dan mengembangkan obat berbahan herbal. Dan hasilnya pun cukup memuaskan, semakin banyak bermunculan obat herbal yang berada di pasaran. Tentunya dalam membeli obat herbal kita juga harus pandai-pandai memilih karena banyak juga obat-obatan herbal yang palsu bertebaran di pasaran.

Dibawah ini saya akan memberikan beberapa macam tanaman yang dapat digunakan untuk mengatasi/menyembuhkan penyakit yang menjangkiti ayam kita :


1. Kunir/Kunyit

Kunyit adalah tanaman yang terkenal untuk obat-obatan herbal. Kunyit mengandung curcumin yaitu senyawa utama pada kunyit yang berkhasiat untuk beragam penyakit, misalnya mengobati gangguan saluran pencernaan, anti radang, antibakteri, antikanker, penurun kadar kolesterol, membersihkan lemak pada saluran pembuluh darah, dll.

2. Daun Sirih

Daun sirih berfungi sebagai antiseptik yaitu sebagai anti jamur pada saluran pencernaan ayam. Sifat anti bakteri daun sirih ini dapat mengurangi rasa gatal dan merah berair pada mata ayam ternak kita.

3. Temulawak

Temulawak atau disebut Curcuma Xannthorrhiza mempunyai sifat Detoksifikasi yang artinya dapat mengeluarkan racun dan kontaminasi jamur Alfatoksis Flavus yang mengendap dalam hati. Ditambah lagi temulawak dapat membantu sekresi dari kerja pangkreas, sehingga mampu mengoptimalkan metabolisme pangkreas mengeluarkan enzim amilase, lipase, protease. Enzim-enzim ini berfungsi membantu menignkatkan penyerapan bahan pakan karbohidrat, lemak dan protein.

4. Brotowali

Brotowali terkenal dengan rasanya yang pahit sekali. Rasa pahit ini karena brotowali memiliki senyawa pikroretin. Prikrorerin ini banyak sekali mengandung alkaloid, saponin, dammar dan masih banyak lagi kandungan yang lainnya. Senyawa ini bermanfaat bagi ayam kita yang terkena penyakit cacingan.

Selain 4 tanaman herbal diatas, kita juga dapat mengkombinasikannya dengan tanaman herbal yang lainnya. Tentunya hal ini akan memiliki fungi dan manfaat yang berbeda dalam setiap kombinasi yang dihasilkannya.

1. Lidah buaya

Lidah buaya berfungi sebagai anti kuman dan melindungi organ pencernaan dan pernafasan.

2. Kunyit, Bawang Putih, Daun Pepaya

Campuran Kunyit, Bawang Putih dan Daun Pepaya dapat berfungsi untuk memperkuat kekebalan terhadap berbagai penyakit seperti CRD, radang usus, kolera, koksidiosis, dll.

3. Kencur

Kencur mengandung minyak atsiri yang berfungsi untuk membuat rasa hangat, anti batuk, pereda radang tenggorokan dan penambah nafsu makan.

4. Kunyit

Kunyit mengandung zat atsiri yang bermanfaat melindungi organ hati, ginjal dan sebagai antibiotik.

5. Cabe Jawa, Temulawak, Temu Ireng, Lempuyang, Gula Tebu

Campuran Cabe Jawa, Temulawak, Temu Ireng, Lempuyang dan Gula Tebu dapat berguna untuk menyehatkan dan mengefisienkan penggunaan pakan ayam.

6. Daun Mahkota Dewa

Daun Mahkota dewa bermanfaat untuk anti mikroba, anti kanker, melindungi ginjal dan hati.

7. Daun Pepaya

Daun pepaya berfungi sebagai anti malaria, anti parasit cacing, menambah nafsu makan serta menginkatkan daya tahan tubuh ayam.

8. Daun Jambu Biji

Daun Jambu Biji terkenal sebagai obat alami anti diare. Selain itu daun jambu biji juga bermafaat sebagai antioksida.

9. Lengkuas

Lengkuas mengandung rasa pedas yang berfungsi menetralkan racun dan menimbulkan rasa hangat bagi tubuh.

10. Bratawali, Pasak Bumi, Sambiloto

Campuran kombinasi antara bratawali, pasak bumi dan sambiloto dapat berguna untuk meningkatkan nafsu makan, memperkuat fisik saat cuaca panas, mencegah maupun mengobati malaria unggas.

11. Temu Ireng

Temu ireng dapat bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan dan anti parasit cacing.

12. Bawang Putih

Bawang Putih dapat berguna untuk melindungi organ jantung dan pembuluh darah, meningkatkan stamina tubuh dan meningkatkan kekebnalan tubuh terhadap berbagai serangan penyakit.

13. Jahe

Jahe mempunyai manfaat untuk mendorong kerja kelenjar enkitrin karena jahe mengandung solakol. Jahe juga bermanfaat menghangatkan dan meningkatkan stamina tubuh ayam.

14. Buah Mengkudu

Buah mengkudu mempunyai manfaat untuk menyehatkan dan memacu pertumbuhan ayam.

15. Jahe, Bawang Putih, Minyak Sayur

Campuran Jahe, Bawang Putih dan Minyak Sayur dapat menyembuhkan luka pada tubuh ayam ternak kita.

16. Akar Rumput Teki

Akar Rumput Teki ini dapat berguna untuk menyehatkan badan ayam ternak kita.

17. Gula Kelapa

Gula kelapa dapat memperkuat fisik, meningkatkan bobot badan, mengurangi kematian akibat serangan penyakit gumboro(penyakit menular akut pada ayam berumur muda yang ditandai dengan peradangan berat bursa fabrisius dan bersifat immunosupresif yaitu lumpuhnya system pertahanan tubuh ayam yang mengakibatkan turunnya respon ayam terhadap vaksinasi dan ayam-ayam menjadi lebih peka terhadap pathogen lainnya).

18. Larutan Tembakau, Minyak Kelapa

Larutan Minyak Tembakau dan Minyak Kelapa dapat menghilangkan kutu pada ayam, mengendalikan ulat lalat di kotoran ayam.

Untuk dosis sendiri tidak ukuran pastinya, hal ini menuntut peternak untuk berani bereksperimen sendiri dan menakar dosisnya sesuai fellingnya sendiri.

Contoh Bahan Ramuan Herbal Untuk Ayam :

1. Daun Sirih 3 Ons
2. Brotowali 3 Ons
3. Temulawak 3 Ons
4. Air Bersih 7 Liter

Cara Pembuatan Dan Penyajian

Semua bahan herbal di cuci bersih dari noda-noda debu yang menempel. Masukkan air bersih 7 liter kedalam panci dan masak hingga mendidih. Masukkan bahan herbal tadi kedalam panci dan masak hingga sekitar 30 menit. Setelah selesai dinginkan dan campur dengan jatah air minum ayam pada pagi hari saja. Racikan tadi bisa dimasak sebanyak 3 kali masakan. Setelah tiga kali pemasakan herbal harus diganti dengan yang baru agar kualitas dan khasiat obat herbal tetap terjaga kualitasnya.

Nah itulah yang dapat saya sampaikan tentang daftar obat herbal untuk mengatasi penyakit ayam. Semoga artikel yang saya buat ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi kita yang sedang menekuni usaha peternakan ayam atau hanya sekedar hobi saja. Jangan sering-sering tergantung dengan obat kimia, kita juga harus mencintai obat herbal karena selain murah khasiatnya juga lebih hebat daripada obat kimia. Dan tentunya tidak ada efek sampingnya jika dibandingkan dengan menggunakan obat kimia.
Share it Please

Unknown

CV. ADI KARYA menyediakan bibit/doc ( DAY OLD CHICKEN ).DOC AYAM KAMPUNG SUPER/DOC AYAM JAWA SUPER kualitas terjamin, kapasitas besar dan kontinyu.

11 komentar:

  1. Terima kasih atas bantuannya,,,!

    BalasHapus
  2. Harga doc aym kampung /ekor berapa. 085725540510.

    BalasHapus
  3. thanks gan infonya.... ijin share di sini Ternak Pertama Ditunggu gan kunjungan baliknya

    BalasHapus
  4. Klo ayam petarung blenderin ajah sereh,lengkuas,jahe,kunyit,daun pepaya,sama mengkudu...campuran ke makanan beras merah Ama bekatul jagung. Josss

    BalasHapus
  5. makasih gan atas infonya semoga bermanfa'at. semoga menjadi amal ibadah yang tiada putusnya ijin copy gan.

    BalasHapus
  6. makasih infonya bisa dicoba buat ternak ayam saya gan

    BalasHapus
  7. Maaf ada yang mau tampung hasil panen ayam joper ga wilayah cirebon?saya kl panen susah memasarkannya kl ada ini no hp saya 089625213552

    BalasHapus
  8. Sore gan, saya mau tanya bagaimana cara mengobati ayam kampung yang terkena penyakit seperti gejala sebagai berikut:
    - ayam berak hijau campur putih encer seperti share
    - ayam lesu dan tidak mau berdiri disertai gemetaran
    - kelopak matanya tertutup seperti ngantuk
    - nafsu makannya berkurang
    - bulunya mundah rontok dan kusam
    - mulutnya berlendir dan bau

    Tolong bantu gan, Karena saya belum mendapati obat yang murajab baik herbal maupun toko pakan ternak.

    BalasHapus
  9. Terimaksih informasinya, informasi ini tentu sangat bermabfaat dan akan saya share ke medos supaya teman tahu informasi ini.


    Kunjungi juga Blog saya di bidang kesehatan :

    Obat Radang Paru Paru Basah Pneumonia

    BalasHapus

Copyright @ 2014 DOC AYAM KAMPUNG SUPER | JAWA SUPER. Template by Templateism Developed By Anggih Anggara