Contact Person :

BAPAK SUKARJIYANA | Pin BB 2AFEDF1F | HP. 087 838 932 877 | 085743676567 | 082134621566 |

Kamis, 03 September 2015

Cara Meningkatkan Produksi Telur Ayam Kampung/Jawa





Cara Meningkatkan Produksi Telur Ayam Kampung/Jawa. Telur ayam kampung banyak sekali di cari dan di gemari oleh para pecinta kuliner maupun non kuliner. Untuk pecinta kuliner mereka biasanya menyukainya karena rasanya yang mempunyai ciri khas tersendiri dan lebih enak di banding dengan ayam lehor maupun yang lainnya. Sedangkan untuk non kuliner biasanya mereka memburu telur ayam kampung untuk dibuatkan campuran jamu, karena dipercaya khasiatnya yang banyak sekali dan sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh.
Cara Meningkatkan Produksi Telur Ayam Kampung/Jawa
Cara Meningkatkan Produksi Telur Ayam Kampung/Jawa
Disamping itu semua ayam kampung memiliki harga jual yang lumayan mahal sekali sehingga banyak peternak yang membudidayakan ayam kampung ini sebagai petelur. Apasih perbedaannya ayam kampung dan ayam ras petelur dari segi produksi telur? Sangat berbeda sekali karena dari segi produksi telur ayam kampung memiliki jumlah kualitas produksi yang lebih sedikit dibandingkan dengan ayam ras petelur. Kenapa bisa lebih sedikit? Ya karena ayam kampung bertelurnya musiman sedangkan ayam ras petelur bertelurnya sepanjang tahun/tidak musiman.

Sebelum kita lanjut ke topik utama yaitu cara meningkatkan telur ayam kampung sebaiknya kita terlebih dahulu mengetahui bagaimana proses terbentuknya sebuah telur. Kenapa kita harus memahami hal ini? Karena dalam setiap mencari solusi dari suatu permasalahan kita harus mengetahui terlebih dahulu proses dari masalah tersebut. Seperti yang kita tahu sebelum menjadi telur yang bulat tentunya ada proses-proses yang melatarbelakangi itu semua. Proses tersebut meliputi dari ovulasi sampai bertelur, sebagai peternak kita harus memahami betul semua itu. Seperti halnya manusia, kita membutuhkan asupan gizi yang maksimal jika kita ingin badan kita sehat dan produktif. Sama halnya dengan ayam kampung kita harus tahu betul kebutuhan nutrisi/gizi seekor induk ayam dalam menghasilkan sebuah telur. Kenapa kita perlu mengetahui hal ini? Karena agar kita dapat secara tepat menyusun komposisi ransum yang tepat untuk indukan ayam kampung agar berterlur lebih produktif daripada biasanya.

Dalam meransum pakan untuk indukan ayam kampung kita harus memberikan perhatian utama pada dua hal yaitu protein dan kalsium. Kenapa? Karena protein adalah penyusun utama dari sebuah butir telur, sedangkan kalsium dibutuhkan untuk pembentukan cangkang telur. Jadi dalam setiap meracik pakan ayam kita harus memperhatikan komposisi dari kedua hal tersebut.

Dalam hal protein sebenarnya banyak sekali sumber protein untuk pakan ayam kampung. Dan sumber protein tersebut dibagi menjadi dua hal yaitu hewani dan tumbuhan. Untuk hewani misalnya adalah tepung ikan, tepung daging, tulang, tepung bulu, dll. Sedangkan dari tumbuhan misalnya adalah bungkil kedelai, bungkil kelapa, jagung, dll. Jika kita kurang begitu mengerti tentang komposisi  racikan pakan yang tepat, kita bisa melihat/mencontoh pada label komposisi zat makanan yang terletak pada label pembungkus pelet pakan ayam kampung. Di label komposisi zat makanan tersebut dicantumkan secara lengkap hingga presentase dalam setiap takarannya.

Dalam hal kalsium yang mempengaruhi kualitas ayam kampung petelur adalah salah satunya berasal dari tepung tulang dan tepung ikan. Untuk menghemat waktu dan agar lebih praktis kita bisa membeli sumber kalsium untuk pakan ini di poultryshop yang harganya sekitar 6.000 per kilogramnya. Untuk pemberian kalsium untuk seekor ayam kampung indukan cukup sekitar 1-2% dari berat badannya. Sedangkan untuk pemberian protein + karbohidrat sekitar 10% dari berat badannya. Kita dapat dengan mudah meberikan takaran ini dengan menggunakan timbangan. Misalnya jika berat induk ayam kampung anda 1,6kg maka pakan utama yang harus diberikan setiap harinya sekitar 160 gram di tambah dengan 16 gram kalsium.

Sebenarnya jika kita benar-benar memahami konsep peracikan dan pemberian pakan ini secara tepat maka kita bisa dengan mudah memodofikasi bahan-bahannya dan bahkan kita bisa mendapatkan bahan yang lebih murah dan tentunya akan membuat biaya produksi menurun dan keuntunganpun semakin bertambah.

Faktor utama dan sentral dalam meningkatkan produksi telur ayam kampung adalah terletak pada pemberian pakan yang tepat dan benar. Dan selain faktor makanan kita juga harus memperhatikan lingkungan dari ayam kampung petelur kita. Untuk lebih maksimal usahakan kandang yang anda gunakan adalah kandang yang bersekat, dimana setiap sekat maksimal dipelihara 1 ekor jantan dan 5 ekor betina. Kenapa jumlah harus dibatasi? Karena jika kita membuat kandang yang terlalu besar dan mengisinya dengan pejantan dan betina yang terlalu banyak maka hal ini biasanya akan membuat produksi telur tidak akan maksimal. Hal ini karena diantara pejantan kampung akan terjadi persaingan dan biasanya hanya jantan penguasa saja yang akan dominan melakukan perkawinan dan ini adalah naluriah hewan jantan.

Semoga artikel tentang cara meningkatkan produksi telur ayam kampung/jawa ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi yang sedang menjalani ataupun belajar ternak ayam kampung sebagai petelur.
Share it Please

Unknown

CV. ADI KARYA menyediakan bibit/doc ( DAY OLD CHICKEN ).DOC AYAM KAMPUNG SUPER/DOC AYAM JAWA SUPER kualitas terjamin, kapasitas besar dan kontinyu.

2 komentar:

  1. Satu hal yang harus selalu diingat, kita bisa seperti saat ini karena karunia Tuhan YME.

    Terimkasih, semoga artikelnya bermanfaat untuk banyak orang

    Cara Mengobati Ablasio Retina

    BalasHapus
  2. SERASIQQ.COM SITUS AGEN POKER DAN DOMINO TERBAIK & TERPERCAYA DI INDONESIA.
    Menyediakan 7 permainan dalam 1 ID/Akun, seperti :
    Poker, Bandapoker, AduQ, BandarQ, Domino99, Capsa Susun, dan Sakong
    Min Deposit : 10.000,-
    Min WD : 20.000,-
    DEPO MAUPUN WD PROSES CEPAT

    Dapatkan promo menarik dari WWW.SERASIQQ.COM
    -Bonus TO 0.3% - 0.5% (Setiap Senin)
    -Bonus Referral 20% (10%+10%) SEUMUR HIDUP
    NB:syarat dan ketentuan berlaku

    Untuk lebih jelasnya silahkan hubungin Livechat 24/7 jam Online kami dengan CS handal dan berpengalaman di WWW.SERASIQQ.COM
    atau bisa juga hubungi contact dibawah ini :
    BBM : D8B5B323
    LINE : serasiqq
    Yahoo Mail : cs_serasiqq
    SKYPE : serasiQQ
    TWITTER : serasiqq
    INSTAGRAM : serasiqq

    BalasHapus

Copyright @ 2014 DOC AYAM KAMPUNG SUPER | JAWA SUPER. Template by Templateism Developed By Anggih Anggara